5 Manfaat Melakukan Pengurusan Balik Nama Motor

5-Manfaat-Melakukan-Pengurusan-Balik-Nama-Motor
Gambar dari Canva

Selain pajak, pengurusan balik nama motor juga penting untuk dilakukan. Saat Anda membeli motor bekas dari orang lain, maka Anda perlu mengurus balik nama. Namun ada juga sebagian orang yang menganggap hal ini tidak penting untuk dilakukan. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda segera mengurus balik nama kendaraan yang sudah Anda beli.

Manfaat Mengurus Balik Nama

Salah satu risiko membeli kendaraan bekas adalah Anda harus mengurus proses balik nama. Banyak sekali orang yang malas mengurus hal ini dan akhirnya membiarkan kepemilikan kendaraan tetap atas nama pemilik lama. Supaya Anda semakin termotivasi untuk segera mengurus balik nama, silakan simak 5 manfaat yang akan didapatkan berikut ini:

1. Urusan Administrasi Selesai

Dengan adanya proses balik nama, maka urusan administrasi pembelian motor bekas Anda akan dianggap selesai. Meskipun memang urusan transaksi jual beli tetap selesai sebelum balik nama, tetap saja administrasi ada yang mengganjal. Jauh lebih baik jika Anda langsung melakukan balik nama dan mengatasnamakan motor tersebut dengan nama Anda sendiri.

Perlu diketahui bahwa urusan administrasi ini terkadang sepele padahal sangat penting. Jangan dianggap remeh karena akan berpengaruh pada kemudahan pengurusan sepeda motor Anda di kemudian hari. Jika bisa langsung balik nama maka lakukan saja.

2. Motor Sah Milik Sendiri

Balik nama motor akan membuat motor tersebut jadi sah milik Anda sendiri. Tentu saat membeli motor Anda menginginkan motor tadi bisa menjadi milik Anda sepenuhnya, bukan? Memang benar jika transaksi jual beli sudah dilakukan maka motor tersebut sudah menjadi milik Anda. Namun rasanya kurang lengkap jika masih belum dibalik nama.

3. Urusan Pajak Tidak Ribet

Manfaat lain melakukan pengurusan balik nama sedini mungkin adalah Anda tidak akan ribet masalah pajak. Sebagai pemilik motor, Anda harus melakukan pembayaran pajak, baik pajak tahunan maupun 5 tahunan. Pengurusan pajak ini membutuhkan identitas pemilik sepeda motor. Jika Anda belum balik nama, maka pengurusan pajak harus membutuhkan identitas pemilik yang lama.

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus meminjam KTP atau identitas pemilik lama setiap kali akan membayar pajak kendaraan. Lebih baik segera lakukan balik nama sehingga pembayaran pajak bisa langsung memakai kartu identitas Anda sendiri sebagai pemilik baru. Tak perlu ribet dan jauh lebih aman.

4. Lebih Mudah Jika Ingin Menjual Motor

Jika suatu saat Anda ingin menjual motor, maka akan jauh lebih mudah prosesnya karena sudah dibalik nama. Lain halnya jika motor masih atas nama pemilik lama. Mungkin prosesnya akan jauh lebih rumit dan menyusahkan si calon pemilik baru nanti. Supaya lebih mudah, lebih baik langsung dibalik nama saja begitu ada pemilik baru.

5. Tak Perlu Ribet Berhubungan dengan Pemilik Lama

Proses balik nama ini akan mempermudah Anda di kemudian hari. Tak perlu lagi ribet berhubungan dengan pemilik lama. Motor tersebut sudah menjadi milik Anda dan atas nama Anda sendiri. Jadi tak perlu menghubungi pemilik lama lagi. Apalagi jika pemilik lama domisilinya cukup jauh, pasti akan sangat merepotkan jika harus terus berhubungan urusan motor.

Proses balik nama motor ini sangat penting untuk dilakukan. Anda sebaiknya segera mengurusnya jika ada waktu dan kesempatan. Jika proses balik nama sudah selesai maka Anda bisa merasakan banyak manfaat dan beragam kemudahan. Untuk tahapan dan syaratnya, langsung saja kunjungi kantor Samsat di wilayah tempat domisili sesuai KTP Anda sebagai pemilik baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.